top of page
  • Writer's pictureNovita Ariani

GEMPA PICU TSUNAMI MENIMPA TURKI DAN YUNANI

Updated: Nov 19, 2020


Bangunan roboh akibat gempa 7 SR mengguncah Izmir, Turki. (foto : AP Photo)

POVMedia.wix -Jumat(30/10/2020) Turki tepatnya di provinsi Izmir yang berdekatan dengan perbatasan Yunani mengalami gempa berkekuatan 7 SR.


Gempa terjadi siang hari Pukul 13.51 waktu setempat. Dilaporkan setidaknya 20 orang tewas dan 786 luka-luka akibat gempa bumi yang melanda pantai Aegen Turki sedangkan 2 orang remaja tewas dan 8 orang terluka di pulau Samos Yunani.


Izmir merupakan kota terbesar ketiga di Turki dengan populasi hampir 3 juta jiwa, akibat gempa tersebut banyak korban berjatuhan, setidaknya 20 bangunan roboh. Banyak korban yang tertindih reruntuhan bangunan, pihak berwenang mengatakan sebanyak 70 orang telah diselamatkan dari reruntuhan bangunan tersebut.


Sebanyak 2000 orang ditampung di tenda-tenda yang sudah didirikan oleh pihak Izmir. Adapun kota-kota yang terdampak disekitarnya ialah kota Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla.


"Getarannya benar-benar kuat dan hampir cukup untuk membuatmu jatuh, Saya dan anak-anak saya lari keluar rumah layaknya orang yang sedang mabuk karena guncangan kuat itu,"" kata salah seorang penduduk di Urla, barat Izmir, Chris Bedford seperti dikutip BBC, Sabtu (31/10/2020).


Sedangkan di Samos dikabarkan mengalami tsunami mini di pelabuhan Samos dan beberapa bangunan rusak. Dan diperkirakan megnitudo gempa ialah 6,7. Tsunami kecil ini terjadi akibat kondisi topografi lokal pantai yang landai dekat garis pantai sehingga terjadinya genangan air di daratan.


"Kami merasakan gempa yang sangat kuat," kata wartawan lokal Manos Stefanakis, seperti dikutip BBC, Sabtu (31/10/2020).

32 views0 comments
bottom of page